Ayat Inti : “Segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka. Itulah isi seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi.” Matius 7:12 {ITB}

Sang Juruselamat mengajarkan prinsip Hukum Emas ini untuk menjadikan umat manusia berbahagia, bukan sebaliknya; karena tidak ada cara lain yang mana kebahagiaan bisa didapatkan. Tuhan menginginkan hidup yang lebih baik bagi para pria dan wanita. Ia memberikan mereka anugerah kehidupan, bukan untuk semata-mata menjadikan mereka kaya, melainkan untuk meningkatkan kekuatan lebih besar yang mereka miliki melalui melakukan pekerjaan yang telah Ia percayakan kepada umat manusia – yaitu untuk mencari apa yang sesamanya butuhkan dan memenuhi kebutuhan sesamanya. Manusia hendaknya tidak bekerja hanya untuk kepentingannya sendiri, tetapi juga untuk kepentingan orang-orang di sekitarnya, memberkati orang lain melalui pengaruh dan perbuatan baiknya. Tujuan Tuhan ini dicontohkan di dalam kehidupan Kristus.

Gunakanlah setiap kesempatan yang datang untuk memberikan kebahagiaan pada orang-orang di sekitar Anda, membagikan kasih Anda pada mereka. Perkataan yang menyenangkan, pandangan yang bersimpati, ekspresi penghargaan, akan menjadi secangkir penyejuk dahaga bagi banyak jiwa yang haus dan berbeban berat. Kalimat penghiburan dan kebaikan akan meringankan banyak tanggungan mereka yang berbeban berat. Di dalam pelayanan yang tidak mementingkan diri sendiri inilah kebahagiaan yang sejati ditemukan. Setiap kata dan perbuatan yang baik dicatat di buku kehidupan di Surga sebagaimana kita melakukannya kepada Kristus… Hiduplah di dalam sinar kasih Kristus, maka pengaruh Anda akan memberkati dunia.

Semangat pekerjaan pelayanan terhadap sesama memberikan kedalaman karakter, stabilitas karakter, dan keindahan karakter seperti Kristus – serta damai dan kebahagiaan bagi pemiliknya.

Setiap tugas yang dilaksanakan, setiap pengorbanan yang dilakukan di dalam nama Yesus mendatangkan upah besar yang berlimpah. Dalam setiap hal yang kita lakukan untuk menyelesaikan tugas, Tuhan berbicara dan memberi berkat-Nya.