Ayat Inti : “Dalam segala keadaan pergunakanlah perisai iman, sebab dengan perisai itu kamu akan dapat memadamkan semua panah api dari si jahat.” Efesus 6:16 {ITB}

Iman di dalam Firman Tuhan yang direnungkan dengan penuh doa serta dipraktekkan akan menjadi perisai kita dari kuasa setan, dan akan membawa kita keluar sebagai pemenang melalui darah Kristus.

Ketika jiwa-jiwa bertobat, keselamatan mereka belum tercapai secara sempurna. Setelah bertobat mereka harus berlomba dalam pertandingan iman; perjuangan yang berat ada di hadapan mereka. Perjuangan untuk apa? “Untuk bertanding dalam pertandingan iman yang benar,” berlari-lari kepada tujuan untuk memperoleh hadiah, yaitu panggilan sorgawi dari Allah dalam Kristus Yesus. Tidak ada pembebasan dari peperangan ini. Pergumulan ini berlangsung seumur hidup, dan harus dibawa maju dengan semangat tekad yang bulat dan sesuai dengan nilai dari hal yang Anda kejar, yaitu hidup kekal. Niat yang besar sangat dibutuhkan di sini. Kita dijadikan sebagai pengambil bagian dari pengorbanan diri Kristus di dalam kehidupan ini, dan kita pun dijamin akan mengambil bagian dalam semua upahnya di kehidupan kekal yang akan datang – jikalau kita terus memegang teguh keyakinan kita dari awal sampai akhir. Pikirkanlah hal ini.

Janji yang diberikan adalah, “Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar.” 1 Korintus 10:13. Jagalah integritas iman Kristen Anda sampai pada kesudahannya, dan janganlah bersungut-sungut kepada Tuhan. Ingatlah bahwa kepentingan kekal Anda ada di sini. Anda tidak boleh putus asa dan membuang keyakinan Anda begitu saja. Tuhan mengasihi Anda, percayalah kepada-Nya. Tuhan Yesuslah satu-satunya pengharapan Anda. Pastikanlah Anda berusaha untuk kekekalan. Janganlah menggerutu atau mengeluh atau menghakimi dirimu sendiri. Janganlah mengabaikan kasih karunia apapun. Doronglah jiwa Anda untuk percaya dan mengandalkan Tuhan.

Di dalam Tuhanlah kita memiliki kebenaran dan kekuatan. Bersandarlah kepada-Nya, dan melalui kuasa-Nya Anda dapat memadamkan semua panah api si jahat, dan keluar lebih dari seorang pemenang.