Ayat Inti : “Bukankah mereka semua adalah roh-roh yang melayani, yang diutus untuk melayani mereka yang harus memperoleh keselamatan?” Ibrani 1:14 {ITB}

Berita penuh sukacita yang terdapat di Ibrani 1:14 adalah bagi semua manusia. Ibrani pasal satu secara keseluruhan begitu membangun bagi jiwa yang sedang berada dalam ujian dan pencobaan. “Dan kepada siapakah di antara malaikat itu pernah Ia berkata: Duduklah di sebelah kanan-Ku, sampai Kubuat musuh-musuh-Mu menjadi tumpuan kakimu? Bukankah mereka semua adalah roh-roh yang melayani, yang diutus untuk melayani mereka yang harus memperoleh keselamatan?” Pesan ini datang melalui sepanjang garis waktu kepada jaman kita, kepada orang-orang yang akan memperoleh keselamatan. Para malaikat benar-benar datang ke muka bumi. Mereka pun tidak selalu tidak dapat terlihat. Kadang kala, mereka menyingkapkan penampakan malaikat mereka, dan muncul sebagai manusia, bercakap-cakap dengan manusia dan memberikan mereka pencerahan.

Sementara beberapa orang berada di lembah penentuan, para malaikat berkumpul dengan pelayan Kristus yang benar dan tulus untuk membantu jiwa-jiwa yang membutuhkan tersebut.

Jika para malaikat menduduki tempat manusia dalam pemberitaan injil, tidak akan ada lagi wilayah yang tertinggal dalam kegelapan dan bayangan maut. Pekerjaan tersebut pasti sudah seperti jika malaikat terbang melintasi langit memberitakan injil yang kekal kepada manusia di muka bumi. Akan tetapi Tuhan tidak akan melakukan apapun tanpa kerjasama dengan manusia. Jika kepedulian yang dalam dari para malaikat terhadap umat manusia dapat dituangkan ke dalam suara yang dapat didengar oleh manusia, apa yang diserukan akan terdengar dalam perkataan yang menyala-nyala untuk menyampaikan hal yang sudah diberitakan surga bagi mereka kepada orang lain.

Tuhan telah mewujudkan kasih-Nya kepada manusia dengan mengizinkan manusia mengambil bagian bersama Diri-Nya dalam pekerjaan penebusan. Injil dipercayakan kepada semua orang yang telah memperoleh pekabaran sorgawi. “Karena kami adalah kawan sekerja Allah,” dipanggil untuk mewakili Tuhan sebagai duta kasih. Kita harus bekerjasama dalam mengerjakan pekerjaan para delegasi sorgawi.

Melalui pelayanan para malaikat, Tuhan mengirimkan terang kepada umat-Nya, dan melalui umat-Nya, terang itupun dibagikan kepada dunia.